Mudik, Budaya Unik Indonesia Saat Lebaran

Mudik, Budaya Unik Indonesia Saat Lebaran

Mudik adalah kegiatan $asyarakat Indonesia yang merantau di luar daerah atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya atau tanah kelahirannya. Mudik adalah budaya unik di Indonesia yang merupakan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan dan di luar tanah kelahirannya.

Tradisi mudik hanya ada budaya unik yang ada di Indonesia. Budaya seperti ini di Indonesia jarang sekali ditemui. Di Arab Saudi misalnya, tempat budaya leluhur Islam bersumber juga berbeda. Di Arab Saudi bermaaf-maafan atau saling minta maaf lahir dan batin adalah justru saat menjelanhg ibadah puasa bulan ramadhan.

Budaya unik ini terjadi karena transformasi budaya Islam yang teradaptasi dengan budaya daerah di Indonesia. Di Indonesia umat muslim setelah berjuang melawan hawa nafsu saat bulan ramadhan, meyakini bahwa memasuki lebaran akan menjadi manusia yang bersih seperti dilahirkan. Saat itulah wargam muslim merayakan berbagai kemenangan dalam perjuangan di bulan ramadhan. Budaya saling maaf memaafkan timbul karena keyakinan tersebut. Upaya saling memaafkan akan dilakukan khususnya terhadap orang tua, saudara, atau handai taulan yang ada di lingkungannya.

Selain budaya maaf memaafkan saat lebaran umat muslim merayakan kemenagannya dengan berbagai cara. Mulai dengan budaya menyulut mercon, kembang api, menabuh bedug, atau berpesta dengan berbagai macam kuliner yang khas dan istemewa.

Audi Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com

http://korananakindonesia.wordpress.com/

Copyright 2010. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s