Tempat Ziarah: Masjid Khandaq dan Perang Parit

image

Khandaq dari segi bahasa berarti parit. Dalam sejarah Islam yang dimaksud Khandak adalah peristiwa penggalian parit pertahanan sehubungan dengan peristiwa pengepungan kota Madinah oleh kafir Quraisy bersama dengan sekutu-sekutunya dari Yahudi Bani Nadir, Bani Ghathfan dan lain-lainnya.

Pada saat Rasulullah Saw. mendengar kafir Quraisy bersama sekutu-sekutunya akan menggempur kota Madinah, Rasulullah Saw. bermusyawarah dengan para sahabat-sahabatnya, bagaimana cara menanggulangi penyerangan tersebut. 

Pada waktu itu sahabat Nabi, Salman Al Farisi memberikan saran supaya Rasulullah Saw. membuat benteng pertahanan berupa parit, usul tersebut diterima oleh Rasulullah Saw. Maka digalilah parit pertahanan tersebut di bawah pimpinan Rasulullah Saw. sendiri. Peristiwa pengepungan kota Madinah ini terjadi pada bulan syawal tahun ke lima Hijriyah.

Peninggalan perang Khandaq yang ada sampai sekarang hanyalah berupa lima buah pos yang dulunya berjumlah tujuh, yang menurut sebagian riwayat tempat tersebut adalah bekas pos penjagaan, dan sekarang ini dibangun Masjid yang megah di Khandaq.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s