Keutamaan 5 Salat Fardhu atau Salat Wajib

wp-1465701884313.jpg

Salat  merujuk kepada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat karena menurut Surah Al-‘Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Secara bahasa salat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti, doa. Sedangkan, menurut istilah, salat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Dalam banyak hadis, Nabi Muhammad telah memberikan peringatan keras kepada orang yang suka meninggalkan salat wajib, mereka akan dihukumi menjadi kafir dan mereka yang meninggalkan salat maka pada hari kiamat akan disandingkan bersama dengan orang-orang, seperti Qarun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Khalaf.

Hukum salat dapat dikategorisasikan sebagai berikut:

  • Fardu, Salat fardhu ialah salat yang diwajibkan untuk mengerjakannya. Salat fardhu terbagi lagi menjadi dua, yaitu:
    • Fardu ain adalah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh ditinggalkan ataupun dilaksanakan oleh orang lain, seperti salat lima waktu, dan salat Jumat (fardhu ‘ain untuk pria).
    • Fardu kifayah adalah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf tidak langsung berkaitan dengan dirinya. Kewajiban itu menjadi sunnah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya. Akan tetapi bila tidak ada orang yang mengerjakannya maka kita wajib mengerjakannya dan menjadi berdosa bila tidak dikerjakan, seperti salat jenazah.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Maghrib

  • Shalat Maghrib itu adlh saat di mana taubat Nabi Adam As diterima dan Seorang Mukmin jika mengerjakan suatu Shalat Maghrib yg dilakukan dg benar – benar ikhlas maka memintalah sesuatu daripada Alloh, Maka Allah akan memperkenankan atau mengambulkan-nya.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Isya

  • Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : ” Shalat Isya (Atamah) katakan kubur itu adalah sangat gelap dan begitu jg pd harii kiamat, maka seorang mukmiin yg berjalan dlm malam yg gelap untuk pergi menunaikan shalat Isya berjamaah, maka Alloh Swt haramkan dirinya daripada terkena nyala apii neraka dan diberikann kepadanya cahaya untuk menyeberangii Titian Sirath

Manfaat dan Keutamaan Shalat Subuh

  • Sabda Nabi Muhammad Saw tentang manfaat shalat subuh yang berbunyi : ” Shalat Subuh pula, jikaa seseorang mukmin yg mengerjakan shalat subuh selama 40 hari secara berjamaah, diberikan kepadanya oleh Alloh swt 3 kebebasan yaitu Dibebaskan daripada api neraka dan dibebaskan dari nifaq.”
  • Lebih baik dari dunia dan seisinya Shalat subuh lebih baik daripada dunia seisinya“Dua rakaat shalat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR.Muslim dan Ahmad) Mengenai shalat dua rakaat sunah sebelum subuh Rasulullah bersabda, “Dua rakaat itu lebih aku sukai daripada dunia seluruhnya.” (HR.Muslim)
  • Pembeda Antara Yang Mukmin Dan Yang Munafik Ada hadist HR. Imam Malik yang mengatakan sabda dari Rasullullah berikut ini “batas antara kita dengan orang-orang yang munafik adalah yang menghadiri shalat isya dan subuh.” Hal itu dikarenakan orang munafik tidak akan sanggup untuk menghadiri kedua shalat tersebut. Oleh sebab itu sholat subuh sangat pnting dalam penegakan agama. Ibnu Umar RA juga mengatakan seperti ini “Ketika kami tidak melihat seseorang ketika melakukan shalat subuh atau isya secara berjamaah, kami langsung berprasangka buruk kepadanya.”
  • Untuk Kelapangkan Rezeki Fungsi dan manfaat sholat subuh adalah sebagai pelapang rezeki. Hal tersebut diperkuat dengan nasehat orangtua yang melarang anaknya untuk bangun terlalu siang, kata orang tua jaMan dahulu jika bangun terlalu siang nanti rezeki dipatok ayam. Memang nasehat tersebut adalah benar dan dibernakan oleh islam. Hal itu dikarenakan Allah akan membagikan rezeki bagi umat NYA antara shalat subuh sampai dengan terbitnya matahari di sebelah ufuk timur.
  • Mendapatkan Perlindungan, Penjagaan Dan Pemeliharaan Umat msulim yang sedang melaksanakan shalat subuh akan berada di dalam perlindungan, penjagaan dan juga pemeliharan oleh Allah SWT. Hal itu berdasarkan Hadist Riswayat Muslim seperti berikut ini: “Barangsiapa yang melaksanakan shalat subuh dia telah ada dalam jaminan Allah. Maka janganlah sampai Allah kembali menarik jaminan NYA dari tubuh kalian dengan sebab apa pun. Sebab siapapun yang Allah cabut jaminan NYA darinya dengan sebab apa pun, pasti akan tercabut juga. Setlah itu Allah akan menelungkupkan mukanya ke dalam neraka Jahanam.”
  • Pahala Yang Besar Pahala menjalankan shalat fardhu itu sangat besar dan adzab orang yang meninggalkan shalat fardhu sangat pedih. Pahala bagi orang yang melaksanakan shalat subuh tertama yang berjamaah akan setara dengan shalat malam semalam suntuk. Sesuai dengan HR.Muslim seperti berikut ini:“Barangsiapa yang melakukan shalat isya secara berjamaah maka dia seperti melakukan shalat malam separuh malam. Dan barangsiapa yang melakukan shalat subuh secara berjmaah maka dia akan menadapatkan pahala setara dengan shalat malam semalam penuh atau semalam suntuk.”
  • Terjauhkan Dari Api Neraka Orang yang rajin melakukan shalat subuh berjamaah di masjid akan dihindarkan dari siksaan api neraka. Seperti sabda Rasulullah dalam hadistnya seperti berikut ini:  “Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat subuh sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam.” ( HR. Muslim )
  • Subuh Adalah Kunci Kemenangan Orang yang rajin melaksanakan shalat subuh secara berjamaah bisa mendapatkan kunci kemenangan. Seperti sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Bukhari seperti ini: “Bahwa Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau akan menundanya sampai tiba waktunya subuh.”
  • Penyabab masuk surga Shalat subuh adalah penyebab orang masuk surgaNabi SAW bersabda, “Siapa yang melaksanakan dua shalat bardain dia masuk syurga” (HR.Bukhari). Shalat bardain adalah shalat subuh dan ashar. Disebut Al Bardain (dua waktu dingin) karena keduanya dilaksanakan pada waktu dinginnya siang, tepatnya pada kedua ujung siang ketika suasana teduh dan tidak ada terik panas.
  • Shalat subuh akan mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah yang mulia“Apabila penghuni syurga telah memasuki syurga. Allah berfirman,’Apakah kalian ingin aku beri tambahan ?’ Mereka menjawab,’Bukankan Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami? Bukankan Engkau telah memasukkan kami ke dalam syurga? Dan Engkau selamatkan kami dari neraka?’ Rasulullah melanjutkan,”Kemudian dibukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar daripada nikmat bisa melihat Rabb mereka. Inilah nikmat tambahan itu.” Lalu beliau membaca surat Yunus : 26 yang artinya: “Bagi orang-orang yang berbuat baik ada pahala yang terbaik jannah dan tambahannya.” (HR.Muslim)
  • Shalat subuh adalah suatu syahadah khususnya bagi yang konsisten memeliharanya“Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu shalat subuh dan ashar setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit. Lalu Allah bertanya kepada mereka – dan dia lebih tahu tentang mereka – ,’Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku?’ Mereka menjawab,’Kami menginggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami datang kepada mereka ketika mereka shalat’” (HR.Bukhari)
  • Shalat subuh adalah kunci kemenangan“Bahwa Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh.” (HR Bukhari) Dikisahkan pasca meletusnya perang Mesir-Israel tahun 1973 ada seorang tentara Mesir yang mengajak berbicara tentara Yahudi yang paham bahasa Arab.Tentara Mesir itu berkata, “Demi Allah, kami akan memerangi dan mengalahkan kalian sampai ada di antara kalian yang bersembunyi di balik pohon dan batu, kemudian pohon dan batu itu mengatakan,’hai hamba Allah, hai Muslim, ini ada Yahudi di belakangku, ke mari dan bunuhlah dia’” Tentara Yahudi menjawab,”Semua itu tidak akan terjadi sebelum shalat subuh kalian sama dengan shalat Jumat.”
  • Standar Nilai Sebuah Umat Sholat subuh juga dijadikan sebagai standar nilai bagi sebuah umat yang ada di bumi ini. Umat yang lalai untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah merupakan umat yang tidak berhak untuk memiliki kejayaan namun berhak untuk digantikan dengan umat yang lain. Umat yang menjaga shalat subuhnya secara berjamaah merupakan umat yang berhak untuk berdiri kokoh dan tegak di atas muka bumi ini. Jika umat islam tidak menjaga shalat subuhnya, umat islam akan kehilangan kewibawaan, kehilangan kemuliaan, kehilangan kehormatan dan juga kejayaan

Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuhur

  • Saat Menyalanya Neraka Jahannam, maka tidak seorang mukmin yg melakukan Shalat itu melainkan diharamkan atasnya uap neraka jahannam itu pada hari kiamat.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Ashar

  • Sabda Nabi Muhammad Saw lagi yg berbunyi :” Manakala Shalat Ashar adalah saat dimana Nabi Adam A.s memakan buah khuldi, Orang-orang mukmin yg mengerjakan Shalat Ashar akan diampunkan dosanya seperti bayi yang baru lahir”.
  • Nabi Muhammad Saw bersabda lagi : ” tidak akan masuk neraka seseorang yg shalat sebelum terbit mataharii dan sebelum terbenamnya mataharii”. Kemudian Alloh Berfirman yg berbunyii : ” Menjaga Shalat Subuh dan Ashar merupakan sebab terbesar masuk surga dan selamat dari neraka”.
  • Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Ashar sendiri antara lain akan mendapaatkan pahala yg begitu besar dan akan dimasukanya kedalam surga seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg membahas Keutamaan Sholat Ashar yg berbunyii, ” Barang siapa yg mengerjakan atau melaksanakaan Shalat Subuh dan Shalat Asar maka dia akan dimasukkan ke dlm Surga (HR. Bukhari, Ayat : 574)”.
  • Barang siapa yg meniinggalkan Shalat Asyar maka terhapuslah amalan-nya (HR. Bukhari, Ayat : 594)”.
  • Kedudukan sholat ashar di dalam al-quran Dari sini saja jelaslah bahwa solat asar memiliki kedudukan yang khusus yang disebutkan dalam al Quran. Dijelaskan juga dalam Hadits: Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali, ia  berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda pada peristiwa Ahzab: “mereka (orang-orang kafir)  yang telah menyibukkan kami dari solat wustha, yaitu sholat asar. Semoga Allah memenuhi hati dan rumah mereka dengan api.” Kemudian beliau mengerjakannya diantara Mahrib dan Isya’.” Dari hadits di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa shalat wustha adalah solat asar. Dan barang siapa yang menghalangi untuk melaksanakan shalat wustho, maka sebagaimana do’a Nabi Muhammad, hati dan rumah mereka akan dipenuhi dengan api. Yang menghalangi saja akan dipenuhi hatinya dengan api, apalagi yang tidak mengerjakannya. Dosanya akan berlipat karena meninggalkan shalat fardhu yang apabila meninggalkannya akan berdosa besar, sekaligus mememnuhi hatinya sendiri dengan api karena malas.
  • Riwayat mengenai sholat ashar dari Az-Zuhri Tidak hanya sampai situ saja, Az Zuhri meriwayatkan, dari Salim, dari ayahnya, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barangsiapa meninggalkan shalat Asar, maka seakan-akan ia telah dirampas keluarga dan hartanya.” Hadits ini mengingatkan kembali betapa utamanya solat asar harus dikerjakan. Jika kita tidak mengerjakan solat asar, maka hal itu seolah-olah kita telah kehilangan hal paling penting di dunia ini (diibaratkan dengan keluarga dan harta). Seolah-olah hadits ini menegaskan bahwa solat asar adalah kebahagiaan, jika kita kehilangan kebahagiaan itu, maka seolah kita hidup dalam mati.
  • Riwayat mengenai sholat ashar dari Buraidah bin al Hashib Ada lagi hadist dari Buraidah bin al Hashib, dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “segerakan shalat Asar pada hari yang penuh mendung, karena barangsiapa meningalkan shalat ashar, maka terhapuslah semua amalannya.” Dari hadits ini jelaslah bahwa shalat asar merupakan solat yang diutamakan untuk mengerjakannya. Jika meninggalkannya semua amalan kita akan terhapus. Maksudnya semua amalan baik yang telah kita kerjakan baik sengaja maupun tidak dan telah dicatat oleh malaikat akan terhapus. Betapa ruginya jika kita meninggalkan shalat ashar.
  • Riwayat mengenai sholat ashar dari Abu Nadrah Ak Ghifari  Tidak hanya itu, Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Nadrah Al Ghifari, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah mengerjakan shalat ashar bersama kami di salah satu lembah yang bernama al Hamish, kemudian beliau bersabda: “sesungguhnya shalat ini pernah ditawarkan kepada orang-orang sebelum kalian, nemun mereka menyia-nyiakannya. Ketahuilah bahwa barangsiapa mengerjakannya, maka akan dilipatgandakan pahalanya dua kali lipat. Dan ketahuilah, tidak ada salat setelahnya hingga kalian melihat saksi.(matahari tenggelam dan malam mulai gelap.)” Kemudian Rasulluhllah juga bersabda:“tidak akan masuk neraka seorangpun yang mengerjakan solat sebelum matahari terbit (subuh), dan sebelum matahari terbenam (asar).” Dari beberapa hadits diatas dapat disimpulkan bahwa solat asar memiliki beberapa keutamaan. Yaitu:
    • Api akan memenuhi hati dan rumah orang-orang yang menghalangi pelaksanaan solat asar.
    • Jika tidak melaksanakan solat asar, maka mereka seolah-olah telah dirampas harta dan keluarganya.
    • Jika meninggalkan shalat asar, maka terhapuslah semua amalannya.
    • Jika melaksanakannya, akan dilipatgandakan pahalanya.
    • Jika melaksanakannya, tidak akan masuk neraka.
  • Hadits Rasul bahwa: “solat jamaah itu lebih utama dari solat sendirian dua puluh tujuh derajat.”
  • Salat berjamaah juga mempunyai hukum Fardhu Kifayah, yang mana jika telah ada yang mengerjakan salat berjamaah dalam suatu daerah, maka gugurlah kuwajiban solat berjamaah bagi yang lain. Maksudnya adalah bahwa solat berjamaah harus dilakukan oleh orang muslim. Dan keutamaannya adalah dapat menggugurkan kewajiban orang lain dalam melaksanaknnya. Subhanallah, solat jamaah adalah lebih baik dua puluh tujuh derajat. Bayangkan saja jika kita melaksanakan solat yang mana pahalanya dua kali lipat digabungkan dengan pahala solat berjamaah yang duapuluh tujuh, maka total pahala kita dalam satu kali solat adalah lima puluh empat derajat. Sangat banyak sekali.
  • Abu hurairah mengatakan, bahwa Rasuluulah bersabda: “barangsiapa yang pergi ke masjid diwaktu pagi atau diwaktu sore, maka Allah menyiapkan makanan setiap kali pergi pagi atau sore.”
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s