Islam Berkembang Pesat Karena Pedang ?

wp-1459292746994.jpgPertumbuhan Muslim sendiri diyakini mencapai 2,9% per tahun, sementara pertumbuhan penduduk dunia hanya mencapai 2,3%. Besaran ini menjadikan Islam sebagai agama dengan pertumbuhan pemeluk yang tergolong cepat di dunia.Beberapa pendapat menghubungkan pertumbuhan ini dengan tingginya angka kelahiran di banyak negara Islam (enam dari sepuluh negara di dunia dengan angka kelahiran tertinggi di dunia adalah negara dengan mayoritas Muslim.  Namun belum lama ini, sebuah studi demografi telah menyatakan bahwa angka kelahiran negara Muslim menurun hingga ke tingkat negara Barat. Perkembangan Islam yang demikian cepat itu membuat pihak non muslim menyuarakan isu bahwa Islam dari dulu hingga sekarang berkembang pesat karena Pedang atau perang dan pemaksaan. Isu tersebut menjadi tidak masuk akal karena Islam agama damai sementara Islam bagaimana mungkin disebarkan dengan pedang atau kekerasan atau pedang. Benarkah Islam berkembang pesat karena kekerasan dan pedang.

Alasan yang sering dituduhkan sebagian umat non-Muslim bahwa Islam tidak akan memiliki jutaan pengikut di seluruh dunia jika tidak disebarkan dengan kekerasan. Berdasarkan fakta sejarah dulu dan sekarang sebenarnya bila dicermati jutaan orang masuk Islam karena ajaran Islam adalah kebenaran, masuk akal, rasional dan logis. Hal inilah yang menyebabkan ajaran Islam menyebar dengan cepat.

Bahkan isu dan mitos sejarah yang mengatakan bahwa Islam berkembang pesat karena pedang dibantah keras oleh sejarawan terkenal, Thomas Carlyle. Thomas Carlyle dalam bukunya “Heroes and Hero Worship”, menuliskan tentang kesalahpahaman pada penyebaran Islam: “Memang dengan pedang, tapi dimana Anda akan mendapatkan pedang Anda? Karena untuk setiap gagasan baru, berawal dari satu orang saja. Dalam pikirannya sendiri. Hanya disanalah gagasan itu bersemayam. Hanya satu orang saja dari seluruh dunia yang mempercayainya, satu orang melawan seluruh manusia. Jika ia mengambil pedang dan mencoba untuk menyebarkan gagasannya dengan pedang tersebut, hal itu tidak akan berhasil baginya. Anda harus mendapatkan pedang Anda! Secara keseluruhan, gagasan anda akan tersebar sendiri sebisanya.

Fakta Sejarah Dunia dan perkembangan Islamwp-1459292746994.jpg

  • Muslim memerintah Spanyol selama 800 tahun. Muslim menguasai Spanyol sekitar 800 tahun. Umat Muslim di Spanyol tidak pernah menggunakan pedang untuk memaksa orang lain masuk Islam. Kemudian Tentara Salib Kristen datang ke Spanyol dan membantai umat Muslim. Tidak ada seorang Muslim pun di Spanyol yang diizinkan menyerukan adzan ketika umat Kristen menguasai Spanyol.
  • 14 juta orang Arab Beragama Kristen Koptik.  Muslim menjadi penguasa tanah Arab selama 1.400 tahun. Selama beberapa tahun Inggris juga pernah berkuasa, dan selama beberapa tahun Perancis berkuasa. Tetapi Muslim memerintah Arab selama 1.400 tahun. Dan di zaman sekarang, ada 14 juta orang Arab beragama Kristen Koptik, yaitu mereka yang sudah beragama Kristen secara turun-temurun. Jika umat Muslim menggunakan kekerasan disana, maka tidak akan ada satu pun orang Arab di zaman sekarang yang beragama Kristen.
  • Lebih dari 80% non-Muslim di India.  Umat Muslim menguasai India selama sekitar seribu tahun. Jika mereka mau, mereka punya kekuatan untuk mengubah setiap non-Muslim di India menjadi pemeluk Islam. Saat ini lebih dari 80% penduduk India adalah non-Muslim. Semua penduduk non-Muslim India di zaman sekarang menjadi saksi bahwa Islam tidak disebarkan oleh pedang.
  • Indonesia dan Malaysia. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah Muslim terbesar di dunia. Sebagian besar penduduk Malaysia adalah Muslim. Umat Muslim di Indonesia dan Malaysia hidup dengan damai berdampingan dengan non-Muslim.
  • Pantai Timur Afrika. Demikian juga, Islam telah menyebar dengan cepat di Pantai Timur Afrika. Dengan begitu timbul pertanyaan, jika memang Islam disebarkan oleh pedang, “Tentara Muslim manakah yang pergi ke Indonesia, malysia atau Pantai Timur Afrika?”.
  • Dalam sejarah negara Indonesia, Malysia dan Pantai Timur Afrika Islam menyebar bukan karena kekerasan pasukan muslim atau pedang tetapi karena menyebarnya pedagang Muslim yang dengan penuh kedamaian dan kebenaran rasional yang membuat Islam di terima di berbagai daerah tersebut
  • Dalam sejarah Dunia modern Penduduk dunia tahun 2011 tumbuh 137% dalam satu dekade terakhir, di mana Kristen tumbuh sebanyak hanya 46%, sebaliknya,  Islam tumbuh sebanyak 5 kali lipatnya: 235%. (The Almanac Book of Facts, 2011). Dikatakan, bila tren pertumbuhan ini terus berlangsung, diperkirakan pada tahun 2030, 1 dari 3 penduduk dunia adalah orang Islam. (www.muslimpopulation.com). Menurut The Almanac Book of Facts (2011), dalam sepuluh tahun terakhir, penduduk dunia bertambah sebanyak 137%. Di mana pemeluk agama Kristen hanya bertambah sebanyak 46%. Sedangkan pemeluk agama Islam bertambah sebanyak 235% (www.geocities.com). Dilihat per benua, menurut data UN (2012), sejak tahun 1989 sampai tahun 2012, perkembangan jumlah pemeluk agama Islam yang paling cepat terjadi di Australia  dan Oceania/Pacific 257.01%; kemudian berturut-turut diikuti oleh Eropa 142.35%; Amerika 25%; Asia 12.57%; Afrika 2.15%; dan Amerika Latin 4.73% (www.30-days.net). Islam adalah agama dengan pertumbuhan pemeluk yang tertinggi di dunia, setiap tahunnya. Antara 1990 sampai 2000, diperkiraan sekitar 12.5 juta orang dari berbagai agama, pindah ke agama Islam. (Guinness Book of World Records,2011). Sebuah artikel di Reader Digest ‘Almanac’ tahun 1986, menuliskan persentase perkembangan agama-agama besar di dunia dari tahun 1934 sampai 1984. Artikel ini juga muncul di majalah ‘The Plain Truth’. Yang paling cepat perkembangannya adalah Islam, yang meningkat sebesar 235%, dan Kristen hanya meningkat sebesar 47%. Yang jadi pertanyaan, perang apakah yang terjadi di abad ini yang membuat jutaan orang masuk Islam? Islam bisa meluluhkan hati penduduk dunia khususnya Eropa, Amerika dan Australia bukan karena pemaksaan, tetapi karena kebenaran dan kedamaian.
  • Dr Joseph Adam Pearson mengatakan, “Orang-orang yang khawatir bahwa senjata nuklir suatu hari nanti akan jatuh di tangan orang-orang Arab, gagal menyadari bahwa bom Islam telah dijatuhkan pada hari MUHAMMAD s.a.w lahir.”

sumber : ceramah Dr Dzakir Naik dan berabagi sumber lainnya

wp-1459255388352.jpg

 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s