Bom Bunuh Diri Guncang Madinah, Jeddah dan Qatif.

wp-1464231656989.jpgDalam sehari Arab Saudi diguncang bom bunuh diri di antaranya adalah di Madinah, Jeddah dan Qatif. Di kota Qatif, yang terletak di wilayah timur Saudi yang banyak dihuni warga Syiah, setidaknya satu bom meledak di dekat sebuah masjid. Bebetapa potongan tubuh, yang kemungkinan berasal dari pelaku bom bunuh diri, berceceran di lokasi ledakan.

Kemungkinan besar tak ada korban jiwa lain dalam peristiwa itu, sebab umat yang menjalankan ibadah shalat di masjir itu sudah pulang untuk berbuka puasa. Aparat keamanan setempat, kata warga itu, kemudian datang untuk melakukan investigasi dan membersihkan area di sekitar masjid tersebut. Beberapa jam sebelumnya, seorang pelaku bom bunuh diri beraksi dan mengakibatkan dua orang terlika di dekat konsulat AS di kota terbesar kedua Arab Saudi, Jeddah.

Aksi bom bunuh diri mylai muncul di Qatif dan Jeddah. Kedua bom bunuh diri itu kemudian disusul ledakan di dekat Masjid Nabawi, Madinah ketika seorang “pengantin” meledakkan diri di dekat maraks kepolisian yang berada di dekat masjid yang merupakan tempat suci kedua umat Islam tersebut. Belum diperoleh keterangan resmi soal korban yang jatuh akibat aksi bom bunuh diri di Madinah ini. Namun diduga selain tiga pelaku bom bunuh diri, dua orang polisi juga tewas dalam insiden itu.

Jeddah

Seorang terduga teroris meledakkan bom diri di dekat kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Jeddah, kota di tepi Laut Merah, Arab Saudi, Senin (4/7/2016) pagi.Pelaku bom bunuh diri tewas di tempat kejadian. Pelaku bom bunuh diri mengendarai sebuah mobil bergerak menuju sebuah masjid di dekat kantor konsulat AS di Jeddah. Semua staf kantor konsulat AS dilaporkan telah mengungsi ke sebuah lokasi yang relatif aman. Pada tahun 2004, kantor konsulat AS di Jeddah ini pernah menjadi target serangan kelompok militan. Akibat serangan itu, sembilan orang tewas.

Kantor berita AFP melaporkan, penyerang telah tewas. Dua petugas keamanan terluka “sebagai akibat dari serangan bom gagal ” pada 4 Juli, hari ketika warga AS merayakan kemerdekaan mereka. Petugas keamanan telah menutup daerah itu setelah “seseorang meledakkan dirinya di dalam mobil di depan konsulat AS di Jeddah,” kata kantor berita AFP mengutip media lokal sambil menambahkan, insiden itu terjadi sebelum shalat subuh.

Sumber: Reuter. AFP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s