Inilah Kedahsyatan 11 Surah Al Quran

  1. Surat Al – Fatihah. Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Rafi bin Al-Ma’la R.A, Bahwasannya di dalam hadits tersebut menjelaskan, Bahwa surat Al-fatihah merupakan surat yang paling besar dalam Al-Quran. Yang mana Al-Fatihah juga dinamakan dengan Ummul Kitab, Suratul Munajah, Suratul Kafiyyah, dan Suratus Shalah. Sehingga  surat Al-Fatihah ini kerap dijadikan oleh para umat Islam sebagai pembukaan awal dalam suatu majlis, Yang mana supaya mendapat berkah atau fadhilah yang ada di dalamnya Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dalam al-Qur’an. Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an. Surah ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran. Dinamakan Ummul Qur’an (أمّ القرءان; induk al-Quran) atau Ummul Kitab (أمّ الكتاب; induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Dinamakan pula As Sab’ul matsaany (السبع المثاني; tujuh yang berulang-ulang) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam salat.
  2. Surat Al – Baqarah dan Ali – Imran. ,menurut hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Umamah R.A, Bahwasannya di dalam hadits tersebut menjelaskan, Barang siapa yang membaca Az-Zahrawain ( Yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran), Maka di hari kiamat nanti keduanya akan datang layaknya awan atau burung untuk membela bagi orang yang selalu membaca Surat tersebut. Sehingga Kedua surat ini bisa menjadi kunci pembelaan di akhirat bagi orang yang mengamalkannya dengan istiqomah. 
  3. Ali Imran. Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Umamah R.A, Bahwasannya di dalam hadits tersebut menjelaskan, Barang siapa yang membaca Az-Zahrawain ( Yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran), Maka di hari kiamat nanti keduanya akan datang layaknya awan atau burung untuk membela bagi orang yang selalu membaca Surat tersebut. Sehingga Kedua surat ini bisa menjadi kunci pembelaan di akhirat bagi orang yang mengamalkannya dengan istiqomah. 
  4. Surat Al – Kahfi. Di dalam penjelasan yang didasarkan oleh sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Sa’id R.A,  Menjelaskan bahwa barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka akan diterangi dengan cahaya diantara dua jumat. Sehingga fadhilah dari surat Al kahfi ini, memberikan suatu pintu yang terang dalam menjalani hidup bagi siapa saja yang mengamalkannya.
  5. Surat Yasin. Membaca dan mengamalkan surat yasin dalam waktu semalam dengan penuh keikhlasan, Maka Allah SWT akan mengampuni semua dosa-dosa yang telah diperbuat oleh hamba, Yang selalu mengamalkan Surat Yasin. Hal demikian memang sesuai dengan sabda Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Malik dan Ibnu Hibban dari Rawi keduanya, yakni Sahabat Jundhab R.A. Sehingga tidak heran bahwa banyak orang yang berbondong-bondong untuk beristiqomah membaca surat yasin dalam suatu majlis, Terutama pada malam jumat. Selain itu surat Yasin juga merupakan jantungnya Al-Quran.
  6. Surat Al – Ikhlas. Bilamana ada seorang yang bisa membaca atau mengamalkan surat Al-Ikhlas dengan penuh cinta, maka Allah akan senantiasa memasukkan orang tersebut ke surga. Yang mana hal demikian memang sesuai dengan adanya sebuah cerita / sejarah yang ada dalam hadits, Yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Anas R.A.  Dan keutamaan lain di dalam surat Al-Ikhlas ini, Bahwa membaca surat Al-Ikhlas sama ibaratnya dengan membaca sepertiga dari ayat-ayat Al-Quran.
  7. Surat Al – Waqi’ah. Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dari rawinya Ibnu Mas’ud, Menjelaskan bahwa barang siapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah SWT akan menggampangkan pintu rizkinya. Dan seseorang akan tercegah dari kefakiran atau kemiskinan. Dengan adanya keutamaan tersebut, setidaknya bisa diterapkan secara rutin dan istiqomah, Agar seluruh fadhilah yang ada di dalamnya bisa menghantarkan kita dalam menempuh jalan yang diridhai Allah SWT. Ubay bin ka’b berkata bahwa Rasullulah saw bersabda:” barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasullulah saw bersabda”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah,ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”. Imam Ja’far Ash- Shadiq berkata :”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam jum’at ,ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia,tidak melihat kesengsaraan, kefakiran,kebutuhan,dan penyakit dunia,surat ini adalah bagian dari sahabatAmirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewan yang tidak tertandingi oleh yang lain.”. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur,ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”
  8. Al – Mu’awidzataini. Pada surat Al – Muawidzataini ( An – Nas dan Al – Falaq ) terdapat keutamaan, Yakni seseorang akan terlindung dari godaan setan, jin dan orang-orang yang mau berbuat dzalim. Sehingga kedua surat ini, memiliki fadhilah yang luar biasa bagi orang yang mau mengamalkannya. Sehingga orang tersebut akan selamat dari berbagai musuh yang datang, baik itu berupa jin, manusia yang dzalim, maupun godaan setan lainnya.
  9. Surah Al Sajada (QS 32)Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa)berkata: “barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah, dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka,maka bacalah surat As-Sajadah.”
  10. Surah Ar Rahman. Rasullulah SAW bersabda :”barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.” Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa):” barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat”Fabiayyi alai Rabbikuma tukadzdziban”ia mengucapkan “La bisyay-in min alaika rabbi akadzibu (tidak ada satupun nikmat-Mu duhai tuhanku yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam dan siang hari kemudian ia mati,maka matinya seperti matinya orang yang syahid.
  11. Surah Al-Mulk (Qs. 67) : Surat Al – Mulk. Dalam surat Al-Mulk memiliki keutamaan yakni, Keselamatan di alam kubur bagi siapa saja yang membaca / mengamalkannya. Hal demikian memang sesuai dengan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Ibnu Abbas R.A.  Selain itu, di dalam surat Al-Mulk ini, Ada 30 ayat yang bisa memberikan syafa’at kepada seseorang sampai diampuni dosa-dosanya. Ibnu Abbas berkata:” Pada suatu hari ada seseorang menghampar jubahnya di atas kuburan dan dan ia tidak tahu bahwa tempat itu adalah kuburan, ia membaca surat Al-Mulk, kemudian ia mendengar suara jeritan dari dalam kuburan itu: inilah yang menyelamatkan aku. Kemudian kejadian itu diceriterakan kepada Rasullulah SAW,lalu beliau bersabda : surat Al-Mulk dapat menyelamatkan penghuni kubur dari azab kubur.” Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:”surat Al-Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam taurat, barang siapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan. Sungguh aku membacanya dalam shalat sunnah sesudah Isya’ dalam keadaan duduk. Ayahku membacanya pada sian dan malam. Barang siapa yang membacanya, maka ketika malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan kearahku, karena hamba ini berpijak kepadaku lalu ia membaca surat Al-Mulk pada siang dan malam hari; ketika mereka datang kepadanya dari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan kearahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan surat Al-Mulk; ketika mereka datang kepadanya dari arah lisannya, lisannya berkaya kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku.” Imam Muhammad Al-Baqir (sa) :” bacalah surat Al-Mulk, karena surat ini menjadi penyelamat dari siksa kubur.”
  12. <surah ar-rahman="" (qs.="" 55)="" :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s