Asbabun Nuzul Surah Al Humazah: Ancaman Alah Pada Para Pengumpat, Mencela dan Pengumpul Harta Tidak Menafkahkan Di Jalan Allah


Asbabun Nuzul Surah Al Humazah: Ancaman Alah Pada Para Pengumpat, Mencela dan Pengumpul Harta Tidak Menafkahkan Di Jalan Allah

  • Surah Al-Humazah adalah surah ke-104 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 9 ayat dan tergolong pada surah Makkiyah. Kata Al Humazah berarti pengumpat dan diambil dari ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah.

Asbabun Nuzul

  • Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Usman dan Ibnu Umar yang berkata, “Kami acapkali mendengar bahwa ayat ini turun berkenaan dengan Ubai bin Khalaf.” Diriwayatkan bahwa Suddi berkata, “Ayat ini turun berkenaan dengan Al-Akhnas bin Syuraiq.”
  • Ibnu Jarir meriwayatkan dari seorang laki-laki yang saleh yang berkata, “Ayat ini turun berkenaan dengan Jamil bin ‘Amir Al-Jumahi.”
  • Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ibnu Ishak yang berkata, “Setiap kali Umayyah bin Khalaf bertemu dengan Rasulullah maka ia selalu menghina dan mencaci maki beliau. Allah lalu menurunkan ayat-ayat dalam surah ini secara keseluruhan.”



Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s