Asbabun Nuzul Al Baqarah 240: Hendaklah Membuat Wasiat Untuk Isterinya

Asbabun Nuzul Al Baqarah 240: Hendaklah Membuat Wasiat Untuk Isterinya

Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْکُمْ وَيَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا ۖ وَّصِيَّةً لِّاَزْوَاجِهِمْ مَّتَاعًا اِلَى الْحَـوْلِ غَيْرَ اِخْرَاجٍ ۚ فَاِنْ خَرَجْنَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْکُمْ فِيْ مَا فَعَلْنَ فِيْۤ اَنْفُسِهِنَّ مِنْ مَّعْرُوْفٍ ۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَکِيْمٌ

  • wallaziina yutawaffauna mingkum wa yazaruuna azwaajaw washiyyatal li`azwaajihim mataa’an ilal-hauli ghoiro ikhrooj, fa in khorojna fa laa junaaha ‘alaikum fii maa fa’alna fiii anfusihinna mim ma’ruuf, wallohu ‘aziizun hakiim
  • “Dan orang-orang yang akan mati di antara kamu dan meninggalkan istri-istri, hendaklah membuat wasiat untuk istri-istrinya, (yaitu) nafkah sampai setahun tanpa mengeluarkannya (dari rumah). Tetapi jika mereka keluar (sendiri), maka tidak ada dosa bagimu (mengenai apa) yang mereka lakukan terhadap diri mereka sendiri dalam hal-hal yang baik. Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”
  • (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 240)

Asbabun Nuzul

  • Ishaq bin Rahawaih dalam tafsirnya meriwayatkan dari muqatil bin hayyan bahwa seorang laki-laki dari thaif datang ke madinah dengan anak-anaknya, juga membawa orang tua dan istrinya. Lalu dia wafat di madinah. Hal tersebut disampaikan kepad Nabi saw.
  • Maka beliau memberikan bagian warisan kepad kedua orangtuanya dan memberikan anak-anaknya dengan bagian yang baik, namun beliau tidak memberi apa-apa kepada istrinya. Hanya saja merka diperintahkan untuk memberi nafkah kepadanya dari warisan selama satu tahun.
  • Pada peristiwa inilah turun ayat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s