Al Quran Terkecil Di Dunia, Inilah Karakteristiknya

Salah satu Alquran berukuran terkecil di dunia tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram. Ningxia merupakan provinsi otonom dan 30 persen berpenduduk dari suku Hui. Suku Hui merupakan salah satu suku di Tiongkok yang beragama Islam. Mereka memeluk agama Islam sejak masa Jalur Sutera.

Alquran ini ditemuan di reruntuhan rumah seorang pejabat di Yinchuan pada tahun 1959. Pejabat itu merupakan petinggi Partai Kuomintang di Ningxia. Kuomintang merupakan partai yang didirikan Sun Yat Sen, bapak pendiri Tiongkok modern. Namun di era Chiang Kai Shek, Kuomintang tersingkir oleh Partai Komunis Tiongkok dan lari ke Formosa. Mereka kemudian mendirikan negara Taiwan.

Alquran terkecil di dunia tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.

Karakteristik Al Quran Terkecil Di Dunia

  • Shennan menjelaskan bahwa Alquran tersebut berukuran panjang 1,96 cm, lebar 1,32 cm, dan tebal 0,61 cm.
  • Menurutnya, Alquran itu terbit di Mesir dan kaligrafinya ditulis oleh Usman. “Sesuai dengan yang tertera di Alquran tersebut,
  • Alquran ini dibuat pada tahun 1892,” katanya.
  • Alquran terkecil di dunia yang tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.
  • Melihat bentuknya, Alquran tersebut merupakan liontin, menjadi bandul kalung. Karena Alquran tersebut melekat dalam sebuah boks yang memiliki pengait berbentuk lingkaran.

l

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s