September 24, 2021

KLIK QURAN

THE TRUTH WAY OF LIFE

13 Dahsyatnya Keutamaan Membaca Al Quran Menurut Hadits

4 min read
  1. Balasan berlimpah. Salah satu keutamaan membaca Alquran bahkan disebutkan secara detil. Hadits tentang keutamaan membaca Alquran yang cukup dikenal adalah hadits riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud yang menyatakan, setiap huruf yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan. ‘Abdullah ibn Mas‘ud berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).
  2. Keutamaan Mempelajari dan Mengajarkan. Saat mempelajari dan mengajarkan Alquran, seseorang akan mendapatkan nilai pahala yang tinggi. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari Alquran dan mengamalkannya.” (HR Bukhari)
  3. Pahala Seperti Bersedekah. Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang membaca Alquran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i,).
  4. Cahaya yang Menjadi Petunjuk . Rasulullah SAW bersabda: “Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Alquran. Sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari; maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR Baihaqi).
  5. Menjadi Keluarga Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Beliau ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah,’. Beliau menjawab: ’Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).
  6. Yang Terbata pun Mendapat Pahala. Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang mahir membaca Alquran kelak (mendapat tempat disurga) bersama para utusan yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Alquran dan masih terbata-bata, dan merasa berat dan susah, maka dia mendapatkan dua pahala.”
  7. Diberi Balasan Terbaik. Dari Abu Sa‘id, Rasulullah SAW berkata bahwa Allah SWT berfirman: “Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Alquran hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR Baihaqi
  8. Keutamaan Menghafal dan Pandai Membacanya. Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan orang yang membaca Alquran sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Alquran sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).
  9. Diberi Pahal yang Berlimpah. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa Alquran.” (HR Al-Hakim).
  10. Memberi Syafa’at di Akhirat Ini akan menjadi keutamaan membaca Alquran yang berharga bagi umat muslim. Ini sesuai dengan keterangan Rasulullah SAW saat bersabda: “Puasa dan Alquran, keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR Ahmad dan Al-Hakim).
  11. Dapat Menentramkan Hati. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Rad: 28).
  12. Dikaruniakan Hati yang Bercahaya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”
  13. Memperoleh Kedudukan yang Tinggi di Surga. Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah (Alquran), naiklah (pada darjat-darjat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR Ahmad).
BACA:   INDEKS HADITS : TENTANG AGAMA ISLAM
loading...

Материалы по теме:

25 Ciri dan Karakteristik Tokoh Islam Liberal
25 Ciri dan Karakteristik Tokoh Islam Liberal Jaringan Islam Liberal adalah forum terbuka untuk membahas dan menyebarluaskan konsep liberalisme Islam di Indonesia. Prinsip yang dianut ...
Pendapat ulama dan Dalil hadits Qunut Shubuh
Pendapat ulama dan dalil hadits tentang adanya Qunut Shubuh?   Pendapat ulama tentang Qunut KMazhab Hanafi dan Hanbali: Tidak ada Qunut pada shalat Shubuh. Mazhab Maliki: ...
Banyak Kiai NU Tidak Setuju Islam Nusantara
Banyak Kiai NU Tidak Setuju Islam Nusantara Kontroversi “Islam Nusantara” sebagai tema utama Muktamar NU ke-33 terus berlanjut. Di media sosial, masalah Islam Nusantara ini ...
Benarkah Ucapan Minal ‘Aidin wal-Faizin di Hari Lebaran ? Bagaimana tuntunan Rasulullah ?
Idulfitri, atau juga ditulis dengan Idul Fitri, atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan ...
Pembebasan Mekkah Oleh Nabi Muhammad SAW
  Pembebasan Mekkah Oleh Nabi Muhammad SAW
BACA:   Tafsir Al Quran : Surat Al-Kahfi, ayat 1-5
Pembebasan Mekkah merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, dimana Muhammad beserta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.